CONTOH ABSTRAK

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKes) INDRAMAYU
SKRIPSI, AGUSTUS 2016

ABSTRAK
PENGALAMAN PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK DALAM MENGONTROL INTERDIALYSIS WEIGHT GAIN (IDWG)
DI RUANG HEMODIALISA RSUD INDRAMAYU
TAHUN 2016

RIRIN LIANAWATI

Gagal ginjal kronik adalah penyimpangan progresif, fungsi ginjal yang tidak dapat pulih dimana kemampuan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan metabolik, dan cairan elektrolit mengalami kegagalan, yang mengakibatkan uremia. Penyakit ginjal kronik membutuhkan terapi pengganti ginjal yaitu dialysis (Hemodialisa dan Peritoneal dialisis) yang merupakan suatu proses untuk  mengeluarkan cairan dan produk limbah dari dalam tubuh. Penelitian ini dilakukan untuk menggali pengalaman penderita gagal ginjal dalam menjaga kenaikan IDWG.
Tujuan penelitian ini adaah untuk mengetahui upaya yang dilakukan penderita IDWG dalam mengontrol asupan cairan, baik dari makanan, minuman ataupun pembatasan aktivitas fisiknya agar tidak merasa haus.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif penomenologi. penelitian dilakukan langsung di Ruang Hemodialisa RSUD Indramayu. data didapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan empat (4) orang partisipan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita gagal ginjal yang menjalani hemodialisa tidak terlalu membatasi makanan, pantangan makanan hanya beberapa jenis saja yang dilarang oleh dokter/perawat. penderita gagal ginjal kronik sangat kesulitan dalam membatasi asupan cairan (minum) dikarenakan rasa haus yang tidak dapat ditahan, sehingga minum tidak menjadi pantangan. aktivitas fisik partisipan selama menjalani hemodialisa menjadi berkurang, dikarenakan partisipan merasa mudah lelah, sehingga aktivitas fisik dibantu oleh keluarganya.
Saran bagi penderita gagal ginjal kronik, diharapkan dapat menghindari konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan airnya, hindari makanan dan minuman yang dipantangkan sesuai anjuran dokter/perawat.
Kata Kunci      : Pengalaman, IDWG, Hemodialysis
Daftar Bacaan : 19 Buku (2001-2014)

0 comments