SEJARAH KEPERAWATAN DI DUNIA

SEJARAH KEPERAWATAN DI DUNIA

Ternyata bukan manusia ajah yang mempunyai sejarah, pati keperawatan bahkan kesehatan juga memiliki sejarah. Mulai dari Zaman Purba kala sampai dengan jaman sekarang.
1.      Zaman Purbakala
Zaman purbakala atau yang dikatakan dalam bahasa yaitu Primitive Culture nah kepercayaan ini dikenal dengan nama Animisme.
Maksudnya  Animisme adalah pada zaman dahulu kepercayaan bahwa segala sesuatu memiliki jiwa perasaan dan niat yaitu pada semua hewan, tumbuhan, benda – benda dan bahkan bagian dari alam seperti gunung dan mata air.


Dimana benda – benda pada zaman dahulu dipercaya bisa menyebuhkan bahkan diyakini kekuatan gaibnya.
2.      Zaman Keagamaan
Perkembangan keperawatan mulai bergeser kearah spiritual dimana seseorang yang sakit dapat disebabkan karena adanya dosa/kutukan Tuhan

3.      Zaman Masehi


Pada zaman Masehi keperawatan dimulai sejak pada perkebangan agama nasrani, dimana pada saat itu banyak terbentuk Diakones.
4.      Pertengahan abad VI Masehi
Pada abad ini keperawatan berkembang di Asia BaraT Daya yaitu di Timur Tengah
5.      Abad VII Masehi
Setelah pertengahan abad VI Masehi pada masa ini mulailah muncul sebuah prinsip – prinsip dasar keperawatan kesehatan seperti pentingnya kebersihan diri, ekebrsihan makanan dan lingkungan
6.      Permulaan abad XVI
Dengan adanya perang salib, untuk menolong korban perang dibutuhkan banyak tenaga sukarela sebagai perawat, mereka terdiri dari orde-orde agama, wanita-wanita yang mengikuti suami berperang dan tentara (pria) yang bertugas rangkap sebagai perawat.

7.      Perkembangan keperawatan di Inggris

Pada tahun 1840 Inggris mengalami perubahan besar dimana sekolah-sekolah perawat mulai bermunculan dan Florence membuka sekolah perawat modern.

SEJARAH KEPERAWATAN DI INDONESIA
1.      Sejarah Perkembangan Keperawatan Sebelum Kemerdekaan
Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut “velpleger” dengan dibantu “zieken oppaser” sebagai penjaga orang sakit, di Jakarta pada tahun 1819 didirikan beberapa rumah sakit, salah satunya RS. Cipto Mangunkusumo yang didirikan pada tahun 1906 di RS. PGI dan tahun 1912 di RSCM telah menyelenggarakan pendidikan juru rawat. Namun kedatangan Jepang (1942-1945) menyebabkan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran
2.      Sejarah Perkembangan Keperawatan Setelah kemerdekaan
a.Periode 1945 – 1962
Perkembangan keperawatan masih jalan di tempat. Konsep-konsep perkembangan keperawatan belum jelas, dan bentuk kegiatan keperawatan masih berorientasi pada keterampilan prosedural.
b. Periode 1963 – 1983
Periode ini masih belum banyak perkembangan dalam bidang keperawatan
Pada tahun 1972 tepatnya tanggal 17 April lahirlah organisasi profesi dengan nama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di Jakarta.
c. Periode 1984 Sampai Dengan Sekarang
Pada tahun 1985, resmi dibukanya pendidikan S1 keperawatan, pada tahun 1992 dikeluarkannya UU No. 23 tentang kesehatan yang mengakui tenaga keperawatan sebagai profesi dan untuk meningkatkan kualitas lulusan, pada tahun 1998 kurikulum pendidikan Ners disyahkan dan digunak
sumber : 
Asmadi,2008.Konsep Dasar Keperawatn. Jakarta: EGC


0 comments