LAPORAN PRAKTIK DI LABORATORIUM PENGUJIAN BALAI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) BANDUNG KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN RI 23 JULI 2016

A.    Latar Belakang
Berkembangnya dunia industri dewasa ini semakin lama semakin meningkat, begitu juga dalam hal penggunaan teknologi dan sarana untuk membantu manusia. Peningkatan jumlah peralatan yang digunakan oleh pekerja dalam dunia industri ini tentunya juga disertai dengan meningkatnya potensi bahaya serta dampak bagi kesehatan maupun bagi lingkungan di sekitarnya. Potensi bahaya serta dampak ini apabila tidak dikendalikan dan tidak diawasi dapat mengarah pada timbulnya risiko kecelakaan. Untuk itu, Depnakertrans melalui Per-04/MEN/1987 tentang P2K3 serta Tata Cara Penunjukan Ahli Keselamatan Kerja, menunjuk ahli keselamatan kerja dalam perusahaan untuk membantu melaksanakan dan menegakkan peraturan dan perundang-undangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara optimal di perusahaan tersebut.
      Dalam rangka penerapan Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES) dalam suatu industri dikenal tiga aspek yaitu : pengenalan potensi bahaya lingkungan kerja, penilaian atau evaluasi lingkungan kerja dan pengendalian lingkungan kerja yang berbahaya. Penilaian lingkungan kerja dapat dilakukan dengan pengujian menggunakan alat-alat laboratorium. Laporan ini dibuat guna melaporkan hasil yang didapat selama praktek di Balai K3 Bandung untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Laboratorium K3 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu Peminatan K3.
1
 
      Higiene Perusahaan adalah spesialisasi dalam ilmu higiene beserta prakteknya yang dengan mengadakan penilaian kepada faktor-faktor penyebab penyakit kualitatif dan kuantitatif dalam lingkungan kerja dan perusahaan melalui pengukuran yang hasilnya dipergunakan untuk dasar tindakan korektif kepada lingkungan tersebut serta bila perlu pencegahan, agar pekerja dan masyarakat sekitar suatu perusahaan terhindar dari bahaya akibat kerja serta dimungkinkan mengecap derajat kesehatan setinggi-tingginya.
B.       Tujuan Pembuatan Laporan
a.      Umum
1)   Mahasiswa dapat mengetahui cara menggunakan alat uji pengukuran yang ada di Balai K3 Bandung
2)   Mahasiswa dapat melakukan Uji Praktek Langsung di Balai K3 Bandung
3)   Mahasiswa dapat menganalisa hasil uji laboratorium
b.      Khusus
1)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran spirometry?
2)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran kelelahan?
3)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran kebisingan?
4)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran iklim kerja?
5)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran getaran?
6)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran pencahayaan?
7)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran biomedik?
8)      Mahasiswa dapat melakukan uji pengukuran adiometri?
.
C.      Manfaat Pembuatan Laporan
Agar mahasiswa dapat memahami dengan baik dalam pelaksanaan uji praktikum di Balai K3 Bandung yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2016 dan mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dari dosen mata kuliah Laboratorium K3.

itu hanya Demo saja untuk download silahkan disini

0 comments