TIPS CARA MENGATASI BAYI SUNGSANG

Cara Mengatasi Bayi Sungsang

Jika bayi berada dalam posisi sungsang, dokter mungkin akan berkeinginan untuk memutarnya. Hal ini dikenal dengan nama External Cephalic Version (ECV), dengan menempatkan tangannya pada perut ibu dan perlahan mencoba memutar janin sampai kepala di bawah, semuanya dilakukan dibantu dengan USG. Cara ini efektif pada sekitar 70% kasus, dan menghindari operasi cesar yang tidak perlu. Setelah posisi bayi diketahui dengan pasti, dokter akan berupaya memperbaiki letak bayi lewat perut. Ini butuh waktu sekitar setengah jam dan mungkin terasa kurang nyaman, walaupun tidak sakit.


ECV sangat bergantung dengan keahlian dokter yang menangani. Dalam memperbaiki posisi ini, kepala bayi bisa teraba dan rahim  dalam keadaan rileks (sebelumnya  mendapatkan obat peregang terlebih dulu). Jika gagal memperbaiki untuk pertama kalinya, dokter mungkin akan mencobanya kembali dalam beberapa hari. Atau menyarankan lahir dengan operasi yang reltif lebih aman.
Berikut ini beberapa tips mempergunakan gravitasi untuk meningkatkan posisi bayi menjadi posisi anterior, yaitu posisi yang paling baik untuk persalinan. Jika bayi  telah menempati posisi terbaik, cara ini akan mempertahankan posisi janin. Tips ini intinya adalah dengan menyandarkan panggul saat berdiri, duduk dengan lutut melebar dan lebih rendah dad panggul, serta berbaring dengan posisi menghadap ke kiri.
a.       Bila duduk, duduklah di atas bantalan dan sandarkan panggul di meja
b.      Seringlah berdiri di depan lemari atau dinding, dan sandarkan bagian depan dada  pada lemari atau dinding
c.       Duduklah dengan menghadap sandarkan sofa atau berlututlah di lantai.
d.      Taruhlah bantal di belakang  dan bersandarlah di atasnya.
e.       Bila tidur atau berbaring di kasur atau sofa, usahakan dalam posisi miring ke kiri.


0 comments