PENJELASAN UTERUS NORMAL

UTERUS NORMAL


Apa itu Uterus ?

Uterus adalah organ reproduksi wanita yang terletak di antara kandung kemih dan rektum, di daerah panggul. Uterus atau rahim memiliki tiga lapisan: lapisan dalam (endometrium); lapisan tengah yang berotot (miometrium); dan lapisan luar (perimetrium).


Jadi uterus ini terhubung dengan saluran tuba, serviks, dan juga (melalui leher rahim) vagina, dari kebanyakan manusia, endometrial pada manusia disebabkan oleh mentruasi (atau yang kita kenal halangan seorang wanita), sepanjang tahun suburnya seroang wanita.
Dari segi pengertian dan juga prosesnya Uterus mempunyai tujuan utama yaitu untuk menyehatkan janin sebelum lahir, dalam proses menstruasi wanita, ovarium melepaskan telur yang berjalan melalui saluran tuba menuju rahim. Nah jika dibuahi, yaitu akan mengikatkan diri pada dinding – dinding rahim dan janin yang akan berkembang. Fungsi uterus ini memlihara dan melindungi janin sampai lahir gitu. Sedangkan lapisan miometrium untuk membandu dalam mendorong bayi keluar dari rahim melalui leher rahim dan vagina.


Apa yang dikatakan Uterus Normal ?


Ada lima poin His dikatakan baik dan ideal apabila dari point lima ini terlengkapi.
1.      Kontraksi simultan simetris di seluruh uterus
2.      Kekuatan terbesar (dominasi) di daerah fundus
3.      Terdapat periode relaksasi di antara dua periode kontraksi
4.      Terdapat retraksi otot-otot korpus uteri setiap sesudah his
5.      Serviks uteri yang banyak mengandung kolagen dan kurang mengandung serabut otot,akan tertarik ke atas oleh retraksi otot-otot korpus, kemudian terbuka secara pasif dan mendatar (cervical effacement). Ostium uteri eksternum dan internum pun akan terbuka.

Ok mungkin itu saja untuk artikel hari ini dan selamat siang karena disini lagi siang, dan selamat berkunjung di www.kebkes.blogspot.com/ semoga bermanfaat untuk anda semua ..
Wassalam…





0 comments